Senin, 20 Agustus 2007

SPIRIT KEBERSAMAAN UNTUK MENDUKUNG


A. MOTTO :
1. Nawi Arigi
2. Kami pejalan kaki yang lamban tapi tidak pernah berjalan mundur.

B. Basis kepemimpinan:
1. Ketaqwaan
Mengajak segenap seluruh anggota IKB-PMPT Se-jawa dan Bali tetap berada pada jalan-Nya.Hal ini tercermin dalam sikap dan perilaku seluruh anggota IKB-PMPT Se-Jawa dan Bali sebagai tulang punggung gereja dan menjalankan norma-norma yang tertuang dalam agama.

2. Politik
Ada upaya rekonsiliyasi setiap anggota secara kompresif, ditegakannya hak dan kewajiban seluruh anggota IKB-PMPT Se-jawa dan Bali.

3. Sosial
Mengupayakan semangat kekeluargaan, solidaritas social, kesetiakawanan diantara Keluarga Besar Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Pegunungn Tolikara Se-Jawa dan Bali.


4. Ekonomi
Mengupayakan kesejahteraan segenap anggota Pelajar dan Mahasiswa Pegunungan Tolikara Se-jawa dan Bali, dengan semangat bekerja keras.

C. Prinsip Kepemimpinan:
1. Bekerja keras tanpa keuntungan pribadi atau kelompok.
2. Ucapan dan tindakan sejalan, tidak banyak bicara atau konsep.
3. Seorang pemimpin didepan mampu menjadi teladan, ditengah bisa bekerja sama dan dibelakang bisa memotifasi atau memfasilitasi.
4. Seorang pemimpin harus mau belajar dan mengajar, bisa membimbing dan mengasihi kepada seluruh anggota serta mampu membahur dimana saja bersama anggota

D. Langkah-langkah Umum kedepan :
1. Membangun jaringan kerja sama antara paguyuban atau organisasi social yang lainnya serta bekerja sama dengan Komisi Pendidikan Daerah Tk II Tolikara dan kepada PEMDA TK- II Tolikara sebagai pelindung Organisasi IKB-PMPTP Se-jawa dan Bali, demi kelancaran Oraganisasi dan kesejahteraan anggota.
2. Bekerja keras untuk merekrutment seluruh mahasiswa IKB-PMPT Sejawa dan Bali, dalam pendataan anggota baru maupun anggota lama yang sedang berada di wilayah SeJawa dan Bali.
3. Menjaga hubungan kerja yang professional dan spirit human relation, artinya pimpinan harus memotifasi dan memfasilitasi setiap anggota organisasi untuk berkarya dan berprestasi.
4. Mengelola BPH terbentuk dari korwil-korwil sebagai perpanjangan tangan secara professional, transparan dan akuntable.
5. Menempatkan para pelindung (PEMDA TK-II Tolikara), Perintis, Pendiri dan Pembina sebagai tokoh Founding Father, secara professional seperti: sebagai donator, konsultasi, penasehat dan memayungi ketua BPH.
6. Meningkatkan hubungan tali persaudaraan antar seluruh mahasiswa Papua pada umumnnya dengan berbagai kegiatan nyata seperti; Turnamen, seni dan budaya dan lain-lain.

E. Kebijakan Oprasional :


1. Bidang Kesekertariatan:

Pengadaan kantor sekertariat yang sah sebagai tempat BPH bekerja.
Pengadaan komputerisasi 1 unit.
PendataanSurat masuk dan Surat keluar.
Pendataan anggota IKB-PMPT Se jawa dan Bali.
Pengkaderesasian.

2. Bidang Kebendaharaan :
Mengelola sumber dana yang masuk dari berbagai sumber seperti: bantuan PEMDA, donator dan pihak-pihak yang peduli dengan organisasi IKB-PMPT Se Jawa dan Bali.
Melaporkan dan bertanggung jawab kepada ketua dan anggota IKB-PMPT Se Jawa dan Bali, secara akuntable.
Mengutamakan kepentingan umum .

3. Bidang Litbag :
Sebagai sumber informasi bagi setiap perkembangan kampus di Jawa dan Bali kepada mahasiswa baru maupun masyarakat di daerah.
Mengadakan seminar-seminar ilmiah.
Membuka wacana kepada seluruh anggota Se Jawa dan Bali tentang perubahan atau perkembangan pembangunan di daerah maupun kalangan mahasiswa dalam bentuk informasi.

4. Bidang Olahraga :
Mengadakan kegiatan-kegiatan non extra atau pengembangan pribadi di kalangan IKB-PMPT Se Jawa dan Bali seperti Bola Volly putra/i dan sepak bola.
Mengadakan turnamen sepak bola "JHON TABO CUP"secara global yang melibatkan seluruh mahasiswa Papua pada umumnya yang berada di wilayah Se Jawa dan Bali dan diselenggarakan oleh setiap korwil sebagai panitia local dan panitia umum dilaksanakan serentak di berbagai kota study Se Jawa dan Bali.

5. Bidang Kerohanian :
Mengadakan ibadah Paska di salah satu kota study sesuai dengan rekomendasi ketua BPH bila diperlukan.
Merkomendasikan pembentukan panitia natal Se Jawa dan Bali kepada korwil Yogyakarta.

6. Bidang Humas :
Membuka peluang kerjasama dengan pihak lain seperti : Paguyuban-paguyuban, donator, Pembina dan kepada setiap pihak berkepentingan dan peduli dengan IKB-PMPT Se Jawa dan Bali berada.

7. Bidang Pemberdayaan Wanita :
Mengadakan seminar-seminar tentang gender.
Memsosialisasikan tentang pentingnya peranan perempuan dalam melibatkan diri dari berbagai bidang kepada masyarakat di daerah dan Papua pada umumnya.

8. Bidang Seni dan Budaya :
Pembentukan tim seni dan budaya untuk melestarikan sarana pemberdayaan pengembangan budaya daerah dikalangan public.

F. Flatporm:
Tugas-tugas yang berat tersebut tentu saja tidak bisa dilakukan secara serentak mengingat tidak ada dukungan financial yang memadahi, melainkan harus dilakukan terlebih dahulu peningkatan pendapatan melalui beberapa sumber yaitu : Bantuan Oprasional dari PEMDA TK II Tolikara, donator dan iuran wajib anggota( dari setiap korwil ).

Dalam rangka itu akan ditentukan plafon program yang akan dirancang dalam baberapa tahap Prokegiatan dan waktunya sebagai berikut :

1. Program jangka pendek
Membangun hubungan kerjasama dengan PEMDA TK II Tolikara.
Mendatai segenap anggota dari SD, SMP, SMA/U/K, D1, D2, D3,S1, dan S2.
Mendatai seluruh mahasiswa tugas akhir,KKN, skripsi , dan tesis Se Jawa dan Bali.
Menyampaikan seluruh aspirasi dari seluruh korwil kepada PEMDA TK II Tolikara.
Merekomendasikan pembentukan panitia natal Se Jawa dan Bali kepada korwil Yogyakarta.
Merekomendasikan Kepada seluruh korwil untuk membentuk panitia turnamen sepak bola "JHON TABO CUP" Se Jawa dan Bali.
Pengadaan Kantor Sekretariat setiap korwil Se Jawa dan Bali.
Pengadaan Kantor Sekretariat BPH Pusat Se Jawa dan Bali di Yogyakarta.

2. Program jangka menengah :
Mencari pihak-pihak tertentu sebagai orang tua asuh dalam memberikan bea siswa bagi anggota atau mahasiswa yang berprestasi.
Pengadaan computer disetiap kantor sekertariat korwil Se Jawa dan Bali.
Pelaksannan tournament sepak bola "JHON TABO CUP"

3. Program jangka panjang :
Mengupayakan kesejahteraan anggota dalam bentuk bea siswa oleh PEMDA TK II Tolikara.
Mengupayakan pengadaan asrama di setiap kota study Se Jawa dan Bali.
Mengadakan seminar-seminar ilmiah dan study tour.

G. Penutup.
Spirit, tujuan dan program serta kegiatan ini membutuhkan komitment dan kerja keras oleh seluruh anggota. Oleh karena itu sosok pemimpin sehebat apapun tidak akan mampu melaksanakan semua rancangan tanpa dukungan moril tenaga dan financial oleh seluruh pihak dalam hal ini PEMDA TK II Tolikara sebagai Pembina kelangsungan organisasi ini dan pihak-pihak Donatur yang peduli serta pada seluruh anggota IKB-PMPT Se Jawa dan Bali.
Untuk itu mari kita bergandeng tangan membangun SDM Tolikara yang baik dalam pengkadersasian pemimpin-pemimpin pembangunan masa depan baik didaerah maupun dikalangan mahasiswa Papua pada umumnya dan pada khususnya IKB-PMPT Se Jawa dan Bali yang terampil dan professional.Usaha keras kita semua dan dibarengi doa yang tulus akan mengantarkan kita pada tujuan yang hendak kita capai. Semoga Tuhan Memberkati. Wah …!!!

Yogyakarta 12 juli 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuser diwajibkan untuk mengisi indentitas diri yang jelas dan benar !!!